Saya begitu bangga melihat ada lagi yang membuat bangsa Indonesia dikenal lagi. Walopun telat info ini datengnya tapi setidaknya setelah melihat sebuat tanyangan di salah satu TV swasta Indonesia, saya bangga ada 2 anak SMA yang berhasil menciptakan Virtual Doctor. Idenya adalah bagaimana suatu penyakit dapat dideteksi dengan memberikan informasi tentang gejala-gejalanya dengan waktu yang relatif singkat.

Adalah Dirgantara Reksa Ginanjar dan Muhammad Ironnanda Kurnia, pencipta program aplikasi komputer Virtual Doctor yang masih duduk di kelas 1 SMA Pribadi. Software ini dilengkapi dengan lokasi rumah sakit dan juga obat yang dapat menyembuhkan penyakit itu. Dalam wawancara, Dirgantara mengatakan bahwa inti dari program ini adalah inovasi, edukasi atau pendidikan bagi masyarakat dan teknologi melalui komputer. "Kita membuat program ini bukan bermaksud untuk mengantikan peran dokter, tapi untuk membantu dokter dalam melayani pasien", katanya.
Sementara itu, Ironnanda menambahkan program ini masih prototype sehingga akan dikembangkan lebih lanjut agar keakuratannya mencapai 100%. "Program ini isinya adalah pikiran dokter dan ilmu medis dari beberapa literatur aktual. Membutuhkan waktu sekitar enam bulan lebih untuk melakukan penelitian, wawancara beberapa dokter dan studi lapangan di rumah sakit-rumah sakit," tambahnya.
Woke lah pokoke saya sangat mendukung sekali program Virtual Doctor ini dapat digunakan untuk kepentingan orang banyak. Go Indonesia....

Sumber: Media Indonesia, tvOne

0 comments