Seminar Peningkatan Pelayanan Publik dan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah yang dilaksanakan pada hari Jum'at tanggal 19 Desember 2008 bertempat di Auditorium FPMIPA UPI yang terselenggara atas kerjasama antara Kementrian Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat RI dengan Direktorat Sumber Daya Manusia UPI. Dalam seminar ini menghadirkan dua narasumber yaitu Bapak H.Wisandana, SH., M.Si [Kepala Biro Organisasi Setda Prov. Jawa Barat] dan Bapak Drs.H. Yoyon Bahtiar Irianto, M.Pd [Centre of Policy & Planning Studies - UPI]

Menurut Ka Biro Organisasi Setda Prov. Jabar, Pelayanan Publik saat ini:
1. Masih belum efektif, efisien, transparan dan akuntabel baik dari segi sistem dan prosedur, waktu, biaya, persyaratan, dan unit yang bertanggungjawabnya
2. Aparatur penyelenggara pelayanan masih kurang resonsif dan profesional
3. Ada indikasi masih terjadi KKN
4. Kurang akses informasi pelayanan yang dibutuhkan masyarakat
5. Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi yang belum optimal.
so..so..so..jadi dari unsur inilah maka akan timbul berbagai masalah termasuk buruknya layanan publik dan juga muncul banyak tikus-tikus kantor.
Hmmm, setelah mendengar penjelasan dari beliau ternyata nyang menjadi cikal bakal korup adalah dilihat dari buruknya layanan. Jadi sudah jelas kan?? bahwa Layanan Publik sangat penting guna mencegah timbulnya Korupsi. Bahkan indeks korupsi menggunakan indikator besar kecilnya komplain pelayanan publik bukan dari banyaknya koruptor yang ditangkap dan dipenjara. Jadilah anda warga negara yang baik dalam memberikan layanan publik termasuk dengan senyum sebagai citra bangsa Indonesia yang murah senyum [walopun itu budaya jaman dulu :p lah...] hihihi

0 comments